Jumat, 23 November 2012

Semua Manusia Sama

            Pada hakikatnya manusia itu sama, didalam sisi kecerdasan otak, manusia memiliki dua otak besar yang berperan aktif, yaitu otak kiri dan otak kanan.
 
Otak kiri, ia lebih condong pada sesuatu yang berurut-urutan, tertib,pasif, melakukan gerak tubuhnya, lebih pada teks dan membaca maupun menulis. Orang yang condong ke otak kiri ini dapat dikatakan cerdas.
Sedangkan otak kanan. Ia lebih mengutamakan sesuatu yang bebas, simple. Otak ini selalu membuat si punya untuk selalu berperan aktif dalam gerakan tubuh, ia akan mudah hafal, dan susah lupa tehadap apa yang ia kerjakan. Otak kanan ini suka dengan sesuatu yang berwarna, dan menvisualisasikan suatu hal. Memang terkadang seseorang yang memiliki presentase tinggi terhadap kinerja otak kanan ini, akan mengalami kesulitan belajar ala otak kiri. Yang metode pembelajarannya secara monoton terhadap teori-teori yang biasa diajarkan dalam kelas-kelas sekolah saat ini. Padahal ia membutuhkan ruang untuk berperan aktif menggerakkan tubuhnya dan menghayal(menvisualisasikan) untuk lebih memahami pelajaran yang diterangkan oleh guru. Perlu diketahui, bahwa otak kanan ini lebih diniliki padaorang-orang yang nakal.
Sebenarnya mereka tidak nakal,tetapi mereka hanya ingin belajar denga cara mereka(bebas), yaitu system pada pergerakan tubuh yang berperan aktif dalam memahami suatu hal, coba orang ini diajak ke laboratorium,ia pasti sangat antusias dan merasa tidak ada beban pada dirinya. Orang-orang semacam ini adalah oramg-orang yang kreatif , ia lebih mengutamakan mengamalkan daripada mencari ilmu yang banyak, yang tidak pernah ia lakukan.
Semua itu memiliki kadarnya masing-masing. Berapa presentasekah otak kiri dan kanan kita. 30% untuk otak kiri dan 70% untuk otak kanan, ataukah seimbang 50% untuk otak kiri dan 50% untuk otak kanan, atau juga bisa 80% untuk otak kiri dan 20%  untuk otak kanan. Semuanya itu tergantung individu dalam memiliki presentase kecondongan dalam berpikir. Condong otak kanan ataukah otak kiri, atau juga bisa terjadi keseimbangan dalam otak kita. Silahkan anda periksa kemampuan otak anda, condong kemanakah anda?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar